Cara Menanam Lidah Buaya

8 Cara Menanam Lidah Buaya di Rumah


Lidah buaya

Lidah buaya atau dalam nama latinnya ‘aloe vera’ ini memiliki banyak manfaat yang di antaranya dapat dijadikan alternatif obat mag, penyembuh luka, luka bakar, herpes (dompo), ketombe, dan sebagainya. Lidah buaya merupakan tanaman asli dari Afrika yang juga bisa digunakan sebagai bahan nata de coco. Sehingga tak heran jika banyak pengusaha yang mulai membudidaya lidah buaya sebagai bahan usaha mereka.

Tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang berduri yang berasal dari benua Afrika. Namun, walaupun berduri, tanaman ini juga memiliki banyak khasiat dan kegunaan, bagi dalam tubuh maupun untuk luar tubuh seperti perawatan pada kulit atau rambut. Selain itu, tanaman lidah buaya ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias yang bisa digunakan untuk teras rumah atau pun dalam ruang tamu. (Baca juga: Cara Menanam Daun Ketumbar)

Namun, jika Anda merasa tidak memiliki lahan luas, tapi ingin menanam lidah buaya, Anda bisa menggunakan cara berikut, yaitu cara menanam lidah buaya menggunakan media polybag. Berikut ini adalah langkah-langkah menanam lidah buaya di polybag:

1. Menyiapkan Polybag
Sama halnya seperti langkah-langkah menanam, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan polybag sebagai media tanam tanaman lidah buaya. Media tanam ini bisa menggunakan pot kecil atau pot lainnya. Namun, jika ingin hasilnya maksimal atau supaya bisa dijadikan pajangan dan hiasan pekarangan rumah, sebaiknya menggunakna polybag. (Baca juga: Cara Menanam Kunyit)

Dalam menyiapkan polybag sebagai media tanam, kita harus mengetahui ukuran polybag terlabih dahulu. Karena, ukuran polybag merupakan hal yang penting dalam menanam lidah buaya, yang mana sebagai tempat pertumbuhan tanaman lidah buaya nantinya.

Memilih ukuran polybag pun jangan terlalu besar, juga jangan terlalu kecil. Ya, walaupun polybag dengan ukuran besar memang bagus untuk pertumbuhan tanaman lidah buaya. Namun hal ini terhitung sangat tidak efektif dalam menanam lidah buaya. Kenapa? Karena jika kita menggunakan polybag dengan ukuran besar, maka hal ini akan memakan banyak tempat alias kita tidak bisa menanam dalam jumlah banyak sekaligus. Sehingga cukup gunakan polybag minim atau polybag sedang saja yang ukuran diameternya 20 cm.

Dengan demikian, kita dapat menanam lidah buaya dengan jumlah besar dalam waktu yang bersamaan. Apalagi tanaman lidah buaya merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak khasiatnya, sehingga menaman lidah buaya dalam jumlah banyak dan dibudidaya ini merupakan alternatif yang bagus dalam menghasilkan uang melalui budidaya lidah buaya.

2. Media Tanam
Ketika kita menanam lidah buaya, media tanam yang digunakan adalah tanah yang kering. Jadi, bisa dikatakan bahwa tanaman lidah buaya ini berbeda dengan tanaman lainnya pada umumnya yang harus menggunakan media tanam berupa tanah basah atau tanah gembur.

Selain tanah kering, kita juga bisa menggunakan tanah campuran sebagai media tanam lidah buaya. Tanah campuran ini bisa berupa pasir dan pupuk kandang. Jika kedua bahan tersebut sudah tercampur, maka tanah campuran tersebut siap dimasukkan ke dalam polybag.

Selain campuran tanah dengan pupuk kandang, Anda juga bisa menggunakan campuran berupa pasir, batu apung, dan perlit. Untuk campuran media tanam ini pada umumnya digunakan oleh orang rumahan karena untuk mempercantik media tanam.

Pada umumnya, tanaman lidah buaya yang sehat akan segera memiliki banyak tunas yang tumbuh. Nah, jika pot tidak mencukupi karena saking banyaknya tunas, maka kita perlu mengganti pot yang lama dengan pot yang baru.

Jangan sampai tunas yang tumbuh sampai melebihi dari 10 cm. hal ini dikarenakan tunas yang tumbuh lebih dari 10 cm akan memakan energy banyak hingga akhirnya tumbuhan akan saling rebut energy dengan induk tanaman. Sehingga, kita perlu memisahkan  antara tunas yang mulai tumbuh lebih dari 10 cm dan tanam ke pot yang berbeda, kalau bisa dikhususkan ke dalam pot tunas.

Dalam memilih pot, pilihlah pot yang lebar dan dalam, karena tanaman lidah buaya tidak memiliki akar yang panjang. Apalagi pot yang lebar ini akan mempertambah pertumbuhan daun dan tunas tanaman lidah buaya nantinya.

3. Cara Menanam
Dalam tahap menanam lidah buaya bukanlah hal yang tidak sulit alias siapa saja bisa melakukannya. Cara menanam lidah buaya ini sama halnya dengan cara menanam tanaman lainnya, yaitu sebagai berikut langkah-langkahnya:

Pilih dan ambil lidah buaya anakan atau lidah buaya yang masih kecil ukurannya. Oya, dalam memilih daun lidah buaya atau bibit tanaman lidah buaya, usahakan cari bibit yang segar alias tanpa adanya bintik noda hitam pada daun yang Anda pilih sebagai bibit. Sehingga, tanaman lidah buaya Anda nantinya dapat tumbuh dengan segar dan optimal.

Kemudian tanam lidah buaya tersebut seperti menanam tanaman lainnya. Yaitu dengan menancapkan ke tanah atau media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Tak perlu repot-repot dalam menanam lidah buaya ini.
Perlu diingat, dalam menanam lidah buaya ini jangan terlalu dalam dan dangkal. Jika kita menanamnya terlalu dalam dan dangkal, maka akan mengakibatkan membusuknya bibit tanaman. Selain itu, tanaman juga akan mudah roboh ketiks sudah tumbuh besar nanti.

4. Waktu Penyiraman
Catatan bagi kita semua. Tidak semua tanaman doyan sama air. Salah satunya adalah tanaman lidah buaya. Tanaman lidah buaya termasuk golongan tanaman yang tidak doyan air alias tidak terlalu suka, jika terlalu banyak air. Hal ini dikarenakan tanaman lidah buaya akan cepat membusuk daunnya. Jadi, siram tanaman lidah buaya dengan air secukupnya saja, dan jangan terlalu banyak takarannya.

Apalagi tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang menyimpan banyak air di dalam tubuhnya. Sehingga kita tidak perlu repot atau terlalu sering untuk menyiramnya. Namun, hal ini jangan disepelekan, tetap sekali-kali atau kalau sedang ingat, sebaiknya siramlah tanaman lidah buaya Anda.

Lidah buaya merupakan tanaman dengan daun yang berdaging, sehingga tanaman ini merupakan jenis tanaman yang menyimpan air. Dengan kata lain, jangan terlalu banyak untuk menyiram tanaman ini, karena membuat tanaman ini akan cepat membusuk. Dan pastikan pot memiliki lubang drainase untuk membuang kelebihan air nantinya.

5. Penempatan
Untuk posisi tanaman lidah buaya, sebaiknya letakkan di tempat yang teduh, namun terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman lidah buaya diletakkan di tempat yang teduh dikarenakan, agar tanaman tetap terjaga bentuk pertumbuhannya sebagai tanaman lidah buaya yang cantik. Dan menghadap sinar matahari secara langsung agar ia dapat berfotosintesa dengan sempurna, sehingga dapat tumbuh dengan baik dan maksimal.

Oya, perlu Anda tahu kalau tanaman lidah buaya ini, selain sebagai tanaman outdoor atau tanaman yang kebanyakan berada di luar, tanaman lidah buaya juga dapat tumbuh di dalam ruangan rupanya. Jadi, Anda bisa meletakkan tanaman lidah buaya di dalam ruang tamu sebagai hiasan atau pajangan ruang tamu Anda. Tapi ingat, asalkan tanaman ini mendapatkan sinar cahaya lampu yang cukup agar ia tetap sehat dan tidak layu. Atau Anda juga bisa melakukannya setiap pagi sampai sore, tanaman lidah buaya Anda letakkan di luar, agar ia berjemur, dan malam harinya Anda masukkan sebagai penghias ruang tamu. (Baca juga: Cara Menanam Tebu)

6. Teknik Perawatan
Berikut ini cara menanam liday buaya di dalam polybag dengan teknik perawatan yang benar:

Pemupukan
Ketika memberikan pupuk pada lidah buaya, kita bisa menggunakan pupuk npk atau pupuk-pupuk organik lainnya secukupnya. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan pupuk npk, Anda bisa memberina dua minggu sekali dengan takaran 2gr/polybag. Cukup mudah bukan dalam pemberian pupuknya? Tanpa ribet dan tidak membuang banyak biaya. (Baca juga: Cara Menanam Kencur)

Perawatan
Walaupun dalam tahap menanam lidah buaya ini sangat mudah dilakukan, tapi tanaman lidah buaya ini perlu perawatan yang ekstra jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, agar tanaman lidah buaya Anda agar dapat tumbuh dengan sehat. Berikut ini adalah beberapa perawatan dalam menanam lidah buaya.

7. Pecahayaan Tanaman
Tanaman lidah buaya merupakan jenis tanaman yang sangat membutuhkan sinar matahari, sehingga tanaman ini perlu adanya kontak langsung dengan sinar matahari. Namun, jangan terlalu intens dalam pemberian kontak langsung dengan sinar matahari, karena hal akan dapat merusak daun lidah buaya Anda.

Anda dapat melihat tanda-tandanya jika tanaman lidah buaya Anda mulai jenuh atau terlalu banyak kontak langsung dengan sinar matahari, adanya ciri-ciri sebagai berikut:

Daun terdapat bintik cokelat gelap atau oranye,
Pada umumnya, jika sudah parah maka daun akan bersisik dan warnanya berubah menjadi oranye sepenuhnya.
Anda dapat mengatasi hal ini dengan meletakkan di tempat teduh, tapi tetap menghadap sinar matahari secara langsung. Itu sebabnya, di tahap penempatan tadi, terdapat tips dari kita untuk meletakkan tanaman lidah buaya di tempat teduh namun tetap kontak langsung dengan sinar matahari.

8. Masa Panen
Kita dapat memetik atau mendapatkan hasil dari menanam lidah buaya, ketika tanaman lidah buaya sudah berumur 6 bulan. Dengan kata lain, di bulan kietujuh, tanaman lidah buaya Anda siap dipanen dan dimanfaatkan khasiatnya, seperti untuk rambut, bahkan pengobatan alternatif. Anda bisa memanennya dengan cara memetik daun lidah buaya yang paling luar dengan menggunakan pisau dengan benar. Dan lidah buaya siap dipanen! Anda siap menjual beberapa obat dengan bahan Aloe vera ini bukan? Sehingga Anda dapat dikatakan bermanfaat dalam menanam lidah buaya karena membuahkan hasil yang memuaskan.

Itulah beberapa langkah dari cara menanam lidah buaya dengan menggunakan polybag. Cukup mudah bukan? Jadi, untuk Anda yang merasa lahannya kurang untuk menanam lidah buaya, tidak usah khawatir lagi. Karena cukup dengan menggunakan polybag, Anda sudah bisa menanam lidah buaya di kebun rumah Anda sendiri.

Tips Menanam Lidah Buaya
Setiap tanaman, pasti terdapat hambatan yang menghalangi karena masalah dalam tanaman tersebut. Dalam tanaman lidah buaya terdapat juga beberapa masalah yang perlu Anda ketahui, agar Anda dapat mengetahui solusinya segera untuk mengoptimalkan pertumbuhan pada tanaman lidah buaya Anda.

Memang, tanaman lidah buaya hanya memerlukan perawatan yang sederhana saja. Namun tidak memungkinkan jika tanaman lidah buaya yang tidak memiliki permasalahan dalam perumbuhan dan juga perkembangannya.

Nah, beberapa masalah ini yang perlu kita waspadai dalam menanam lidah buaya. Salah satu masalah pada tanaman lidah buaya adalah pada daun tanamannya. Daun tanaman ini dapat ilihat dari perubahan dan juga rontoknya daun pada tanaman lidah buaya.

Pada umumnya, perubahan dan rontoknya daun tanaman lidah buaya ini disebabkan oleh adanya:

Drainase yang tidak tepat,
Intensitas cahaya yang matahari yang kurang atau kelebihan, dan atau
Paparan cuaca yang terlalu dingin.
Ada juga masalah pada tanaman lidah buaya adalah adanya hambatan pada pertumbuhan tanaman lidah buaya. Pertumbuhan tanaman lidah buaya yang terhambat ini pada umumnya dikarenakan adanya pasokan air yang terlalu berlebihan. Atau selain itu, juga adanya porsi pupuk atau makanan yang berlebih.

Jadi, tanaman lidah buaya ini selain sebagai tanaman hias karena bentuknya yang bagus, tanaman ini juga memiliki khasiat sebagai herbal dengan berbagai manfaatnya untuk penyakit dan sebagai obat alternatif. Jika ditelisik dari berbagai sumber, bahwa tanaman lidah buaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Anda bisa menggunakan tanaman lidah buaya ini sebagai obat alternatif Anda. Beberapa manfaat tanaman lidah buaya bagi kesehatan tubuh manusia ini di antaranya:

Menjaga kesehatan kardiovaskuler,
Menjaga daya tahan tubuh,
Menjadi sumber asam amino,
Memperlancar sistem pencernaan, dan
Membantu penderita diabetes.
Perlu diketahui bahwa tanaman lidah buaya ini merupakan salah jenis tanaman yang sudah terbukti fungsi dan kegunaannya sejak ribuan tahun yang lalu. Sehingga para nenek moyang pun dulunya ketika melakukan perawatan rambut atau kulit mereka menggunakan tanaman lidah buaya ini dan terbukti lebih alami daripadai sekarang yang lebih kebanyakan menggunakan campurna bahan kimia tak terbukti alaminya. Manfaatnya yang seperti mengurangi rasa gatal dan menghilangkan ketombe pada kepala ini, juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh atau biasa disebut dengan istilah ‘detoksifikasi’.

Selain itu juga dapat menjaga berat badan dan menurunkan berat badan. Jadi, tanaman ini juga masuk dalam tanaman yang masuk dalam program diet tubuh manusia secara alami dan tidak berbahay. Bahkan tanaman lidah buaya juga dapat mengatasi masalah pada mulut juga menjaga kesehatannya. Masih banyak lagi manfaat dari tanaman lidah buaya ini. Sumber : ilmubudidaya.com 

0 Response to "Cara Menanam Lidah Buaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...