Cara Menanam Bunga Telang

Banyak sekali orang justru mencari bunga telang selain karena keindahannya justru karena kandungan zat yang ada padanya. Mereka mengkonsumsi bunga telang dengan menjadikannya sebagai the ataupun sirup, bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai selai ataupun bahan campuran pembuatan roti.
Selain itu bunga telang memiliki keindahan yang luar biasa jika anda mampu menanamnya dan menjadikannya sebagai bahan dekorasi ruang ataupun taman. Bagi anda yang penasaran dengan bagaimana cara menanam bunga telang, berikut kami sampaikan cara yang mudah dan praktis.
  1. Benih Bunga Telang
Langkah pertama dalam cara menanam bunga telang yaitu menyiapkan benih bunga telang. Untuk menyiapkan benih anda bisa membelinya di berbagai toko benih secara langsung, atau bagi anda yang ingin lebih praktis anda bisa membelinya di toko online dan berikut merupakan penjelasannya :
  • Pertama pilihlah benih bunga telang yang berkualitas dan memiliki kelayakan tanam. Untuk itu anda juga perlu melihat review toko ataupun bertanya pada penjualnya mengenai bibit bunga yang ingin anda beli.
  • Setelah itu lakukan pengecekkan terlebih dahulu sama halnya jika anda melakukan Cara Mengobati Cacar Buah Melon, perhatikan kondisi benih yang anda beli.
  • Pastikan bahwa benih terbungkus dengan rapi dalam kondisi yang kering dan terbungkus rapi. Kemudian buka bungkusnya dan sediakan air bersih dalam wadah berupa mangkuk dan tuangkan benihnya ke dalam mangkuk berisi air.
  • Untuk mengetahui benih layak di tanam, rendam benh selama kurang lebih 3 hingga 5 menit. Perhatikan apabila ada benih yang mengapung maka singkirkan dari wadah.
  • Setelah itu, rendam kembali benih yang masih terendam di dalam air dan dalam kondisi tenggelam. Rendam benih selama 12 jam, ini berfungsi untuk menghentikan proses dolmansi pada benih agar lebih mudah bertunas.
  1. Bibit Bunga Telang
Setelah anda menyiapkan benih bunga telang dengan baik, saatnya anda melakukan langkah berikutnya dalam cara menanam bunga telang. Langkah berikutnya yaitu pembibitan yang berbeda jika anda melihat Cara Budidaya Gurame di Kolam Tanah, dimana anda menanam benih bunga telang pada media semai hingga menghasilkan bibit bunga telang yang berkualitas baik :
  • Buang air pada mangkuk berisi benih bunga telang dan simpan terlebih dahulu pada suhu yang normal berkisar antara 230c hingga 250c.
  • Setalah itu siapkan alat dan bahan yang penting untuk melakukan proses penyemaian, diantaranya tray atau anda bisa menggunakan polybag berukuran sedang.
  • Sediakan juga tanah humus dan pupuk kandang ataupun kompos. Sebisa mungkin hindari penggunaan pupuk kimia karena dapat merusak tekstur dan nutrisi pada tanah.
  • Campurkan tanah humus dan pupuk dengan perbandingan 2 : 1 dan masukkan ke dalam wadah berupa tray semai ataupun polybag.
  • Angin- anginkan benih yang telah anda simpan sebelumnya terlebih dahulu lalu tabur secara merata pada media semai.
  • Lembabkan tanah pada media semai menggunakan metode sprai. Lakukan penyiraman hingga tanaman benih bertunas dan menjadi bibit dengan ketinggian sekitar 5cm.
  • Biasanya kecambah pada benih bunga telang akan muncul saat 1 hingga 2 minggu setelah masa semai. Biarkan selama 5 minggu maka kecambah akan menjadi bibit yang siap di tanam di media tanam.
  1. Perawatan Bunga Telang
Setelah benih tumbuh menjadi bibit dan siap untuk ditanam, berikut merupakan langkah memindahkan bibit dan merawat bunga telang dalam cara menanam bunga telang. Pertama anda harus memindahkan bibit, anda bisa memindahkannya di dalam pot ataupun di pekarangan, berikut penjelasannya :
  • Agar lebih indah dan menarik berbeda jika anda melihat Cara Mengatasi Daun Keriting pada Tanaman Cabe, anda bisa menanam bunga telang di media pot. Caranya sangat mudah anda hanya perlu mengisi pot dengan tanah yang dicampur dengan pupuk dan pasir berbanding 2 : 1 : 1.
  • Jika anda ingin menanamnya di pekarangan maka anda hanya perlu langsung menanamnya begitu saja setelah anda melakukan proses penggemburan tanah dan pemupukan.
  • Setelah anda membuat media tanam yang tepat, jangan lupa untuk menancapkan pancang berupa kayu ataupun besi dengan ketinggian sekitar 30 hingga 50 cm. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar bunga telang mampu tumbuh kokoh dan tidak merusak bentuknya.
  • Untuk merawat bunga telang sangat mudah dan murah, anda hanya perlu menyiramnya dengan air dan melakukan pemupukan lanjutan setiap 2 hingga 3 minggu sekali.
  • Lakukan juga pemangkasan dan penyiangan untuk menjaga kebersihan bunga telang.
Itulah cara menanam bunga telang yang mudah, murah, dan praktis. Lakukan dengan tepat dan cermat maka anda akan sukses menanam bunga telang di rumah. Selamat mencoba.

Telang


0 Response to "Cara Menanam Bunga Telang "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...