Kunir Putih



Nama latin kunyit putih adalah Curcuma alba, mempunyai klasifikasi dari jenis Kaemferia rotundus, Bangsa Zingiberales, Suku Zingiberaceae, dan Marga Kaemferia.
Ciri-ciri fisik yang terdapat dalam kunyit putih mempunyai bintik umbi yang serupa dengan tanaman jahe berwarna krem agak kuning muda. Bau khas kunyit putih segar hampir mirip dengan aroma mangga kweni, jadi inilah yang membedakan dengan tanaman serupa dari marga sejenis kaemferia.

Kandungan kunyit putih sangat beragam makanya tidak heran jika kunyit putih mampu berfungsi sebagi penyembuh dalam pengobatan berbagai penyakit. Diantara zat-zat yang dimiliki kunir putih bermanfaat untuk kencantikan dan penyembuh sakit maag.
Nah berikut zat-zat yang terdapat dalam kunyit putih, antara lain :
1. Amilum
2. Tianin
3. Kurkumin
4. Minyak Atsiri
5. Gula
6. Saponin
7. Protein toksis
8. Damar
9. Flavonoid

Setelah kita mengetahui kandungan zat-zat yang terdapat didalamnya otomatis kita juga akan tahu manfaat kunyit putih dalah hal pengobatan dan penyembuhan penyakit tidak cukup hanya itu bahkan bisa bermanfaat untuk kecantikan wanita. Bicara tentang khasiat kunyit putih memang tidak perlu diragukan lagi, kunyit putih sejak ratusan tahun silam sudah dipergunakan sebagai tanaman obat dalam penyembuhan bergagai penyakit oleh nenek moyang kita, walaupun waktu itu belum adanya semacam penelitian secara ilmiah seperti sekarang namun orang-orang tedahulu sudah membuktikan secara turun temurun tentang dahsyatnya kegunaan kunyit putih ini.


Fungsi kunyit putih memang luar biasa dari hasil penelitian menunjukkan kunyit putih bersifat antineoplastik atau merusak pembentukan ribosom pada sel kanker atau menghambat pertumbuhan sel kanker. Bagian yang dimanfaakan dalam prodses pengobatan adalah rimpang dan daunya. Sementara zat anti oksidan pada kunyit putih berfungsi mencegah kerusakan Asam Deoksiribo Nukleat yang merupakan salah satu senyawa yang menyusun Gen, serta dapat menahan zat radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker serta dapat meningkatkan sel darah merah.
Kunyit putih atau kunir putih juga berkhasiat sebagai :
- Antipiretik (penurun panas)
- Antitoksik (menangkal racun)
- Laksatif (pencahar)
- Mengobati Sakit perut dan nyeri lambung (sakit maag)
- Mengecilkan rahim sesudah persalinan
- Menyempitkan organ kewanitaan
- Mengurangi penumpukan lemak di perut
- Menambah nafsu makan dewasa dan anak-anak
- Menguatkan syahwat
- Gatal-gatal (pruiritis)
- Mengobati luka
- Mengobati sesak napas (asma)
- Radang saluran napas (bronkitis)
- Mengobati demam
- Mengobati perut kembung dan masuk angin
- Menghentikan pendarahan
- Mengobati bengkak kerana memar
- Mengobati bisul yang sulit pecah

sumber: Superampuh.com

0 Response to "Kunir Putih"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...