Kubis

KUBIS (Brassica oleracia) atau biasa disebut kol merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam keluarga Brassica seperti brokoli, kembang kol, dan kecambah brussels. Di Indonesia, kubis mudah ditemui di berbagai rumah makan khususnya yang menyediakan menu pecel, atau disajikan sebagai lalapan.

Namun, sering juga kita lihat banyak orang yang tidak tertarik mengkonsumsi lalapan yang mengandung kubis mentah. Hal ini patut disayangkan, karena sebenarnya kubis mengandung berbagai zat yang berguna bagi kesehatan tubuh.
Manfaat positif dari tanaman sayur kubis yakni:

Mencegah Pertumbuhan Kanker

Kubis memiliki beberapa sifat yang efektif melawan kanker seperti lupeol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), indol-3-karbinol (I3C), dan sulforaphane. Dalam sebuah penelitian terhadap wanita di China ditemukan bahwa, mengkonsumsi kubis akan mengurangi resiko terkena penyakit kanker payudara.

Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C dalam kubis berkhasiat melindungi tubuh dari efek radikal bebas dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Mengatasi Radang Lambung
Sebuah studi dari Stanford University School of Medicine menemukan bahwa jus kubis mampu mengatasi gejala radang lambung. Hal ini disebabkan adanya kandungan glutamin yang tinggi di dalamnya.

Mengurangi Resiko Katarak

Resiko terkena penyakit mata katarak yang biasa diderita saat usia mulai senja ini bisa dikurangi dengan mengkonsumsi kubis karena mengandung beta karoten cukup tinggi.

Merawat Kulit
Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kubis berkhasiat membantu melindungi kulit dari berbagai kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Radikal bebas tersebut berpotensi menghadirkan tanda-tanda penuaan.

Mencegah Sembelit
Kubis memiliki kandungan serat yang tergolong tinggi yang berfungsi sebagai perangsang sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.


sumber: suaramerdeka

0 Response to "Kubis"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...