Kunyit

Tanaman kunyit diperbanyak secara vegetatif berupa anakan dan potongan rimpang. Namun biasanya sering menggunakan potongan rimpang. Untuk mendapatkan bibit yang baik harus dipenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Berasal dari tanaman induk berumur 12 bulan.
  • Sehat atau tidak cacat.
  • Rimpang dipotong-potong dan setiap potongan memiliki minimal 2 mata tunas.


DITANAM DALAM POT
Bertanam dalam pot memang lagi ngetren. Nah, bagaimana kalau kita mencoba bertanam kunyit dalam pot? Yang penting dari penanaman kunyit dalam pot ini adalah rimpangnya yang multiguna. Selain bisa menambah asri halaman rumah, juga bisa digunakan untuk bumbu dapur atau obat-obatan, atau dijadikan “hiburan” ditengah kepenatan pekerjaan.

Langkah pertama, siapkan pot dengan ukuran memadai. Biasanya menggunakan tong, drum bekas, atau pot tanah liat. Dasar pot diberi pecahan genteng atau bata merah, lalu diatasnya diberi campuran tanah subur, pasir, dan pupuk kandang (1 : 1 : 1). Kemudian masukkan bibit dengan arah tunas menghadap ke atas.

Lakukan penyiraman tiap hari diawal pertumbuhan, kemudian bisa dua hari sekali. Di samping penyiraman, jangan lupa lakukan pemupukan. Jika menggunakan pupuk cair, pemberiannya dapat dibarengkan ketika melakukan penyiraman. Namun jika menggunakan pupuk NPK (15 -15 -15 ), waktu pemberian bergantung usia tanaman. Rata-rata setiap sebulan sekali berikan NPK sebanyak setengah sendok makan per rumpun. Dengan demikian akan diperoleh kunyit dalam pot yang subur, hijau, dan menyenangkan.

DITANAM DI PEKARANGAN
Selain ditanam di dalam pot, kunyit juga bisa ditanam di pekarangan. Caranya, buat lubang tanaman berukuran panjang 10 cm, lebar 10 cm, dengan kedalaman 10 meter. Biarkan terbuka selama seminggu, lalu campur tanah galian dengan pupuk kandang (3 : 1). Masukkan media tanam dan tunggu seminggu lagi, baru kemudian bibit ditanam. Ada baiknya tambahkan juga nematisida untuk membunuh nematoda.


Tanaman bibit dalam lubang tanam dan beri penguat air. Lakukan penyiraman setiap hari, kecuali pada musim penghujan. Yang perlu diperhatikan, ketika tanaman sedang aktif tumbuh, berilah pupuk NPK. Bisa juga menggunakan urea, TSP, KCI dan pupuk kandang. Waktu pemupukan biasanya pada umur sebulan dan diulang setiap 3 bulan sekali. Caranya, masukkan pupuk ke dalam tanah melingkari batang pokok di bawah tajuk tanaman. Nah, jadilah tanaman kunyit yang enak dipandang.

0 Response to "Kunyit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...