Jawer Kotok

Jawer kotok (Daun Miyana) merupakan tumbuhan semak, herba tegak dan merayap dengan tinggi batang pohonnya berkisar 30 cm sampai 150 cm.

Daunnya berbetuk hati dan pada setiap tepiannya dihiasi oleh jorong-jorong atau lekuk-lekuk tipis yang bersambungan dan didukung oleh tangkai daun. Bunganya muncul pada pucuk tangkai batang berbentuk untaian bersusun.

Jawer kotok (Coleus hybridus) atau iler dan orang Jawa menyebutnya kentangan, mempunyai penampang batang berbentuk segi empat dan termasuk kategori tumbuhan basah yang batangnya mudah patah.

Jawer kotok dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Keistimewaan dari tumbuhan ini adalah sangat beraneka ragam jenis dan warna daun yang dimiliki. Jawer kotok biasa ditemukan di sekitar sungai atau pematang sawah dan tepi-tepi jalan pedesaan sebagai tumbuhan liar.

Sekarang jawer kotok menjadi tanaman hias yang telah berkembang dengan berbagai varietas yang indah.

Jawer kotok mempunyai komposisi kandungan senyawa kimia yang bermanfaat, antara lain alkaloid, etil salisitas, metil eugenol, eugenol, timol, karvakrol dan mineral. Oleh karenanya, jawer kotok menjadi tanaman obat yang cukup penting.

Beberapa penyakit seperti ambeien, diabetes mellitus, demam, sembelit, sakit perut, bisul hingga datang bulan terlambat, bisa diatasi dengan jawer kotok.
 
Berikut ramuan jawer kotok untuk mengatasi berbagai penyakit


  1. Ambeien: Ambil 17 lembar daun jawer kotok, 7 lembar daun ngokilo, 3 rimpang umbi kunyit sebesar ibu jari. Semua bahan tersebut direbus dengan 5 liter air sampai mendidih. Air rebusan tersebut diminum satu kali sehari satu gelas.
  2. Diabetes mellitus: jawer kotok lengkap mulai akar, batang, daun dan bunga, ditambah adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direnbus dengan satu liter air sampai mendidih. Air rebusan tersebut diminum dua kali sehari setengah gelas, pagi dan sore.
  3. Demam dan sembelit: Satu potong daun dan batang jawer kotok direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari setengah gelas.
  4. Sakit perut: 3 potong akar jawer kotok direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Air rebusan tersebut diminum pagi dan sore.
  5. Bisul: Daun jawer kotok diolesi minyak kelapa, kemudian dipanggang. Dalam keadaan hangat-hangat ditempelkan pada bagian yang bisul.
  6. Abses: 5 lembar daun jawer kotok, satu siung bawang merah, dan adas pulasari secukupnya. Semua bahan tersebut ditumbuk halus bersama-sama, lalu tempelkan pada bagian yang abses.
  7. Luka borok: Daun dan batang jawer kotok ditumbuk halus, lalu tempelkan pada bagian yang borok.
  8. Datang bulan terlambat: 3-7 lembar daun jawer kotok direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Air rebusan tersebut diminum menjelang tanggal datangnya haid. Sumber :Sidoarjo.com

0 Response to "Jawer Kotok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...