Aprikot

Manfaat buah Aprikot

Aprikot telah masuk diantara buah-buahan  yang paling penting dan telah terkenal karena rasa dan manfaat kesehatannya. Artikel ini akan membahas kandungan serta sejuta manfaat dari buah aprikot.

Aprikot mengandung betakarotena dan vitamin C. Aprikot, terutama yang dikeringkan, adalah sumber kalium. 

Kalium itu sendiri adalah mineral yang membantu pengaturan tekanan darah.
Aprikot dalam bahasa latin, buah ini disebut Plum Armenia.

Jangan remehkan bentuk dan warnanya aprikot. Aprikot bisa jadi ‘ obat’ panjang umur yang layak dicoba. Aprikot mengandung carotenoids. Malah, kandungannya paling tinggi diantara buah-buahan lain.

Carotenoids adalah antioksidan yang membantu pencegahan serangan jantung. selain itu juga aprikot mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh, dan melindungi badan dari kemungkinan penyakit kanker yang ganas.

Aprikot adalah pohon yang kecil, tinggi 8-12 m, dengan batang sampai 40 cm dan diameter kanopi, padat menyebar. Daun aprikot bulat telur, 5-9 cm dan 4-8 cm lebar, dengan dasar bulat, ujung runcing dan margin bergerigi halus.

Bunganya diameter 2-4,5 cm, dengan lima kelopak putih merah muda, aprikot diproduksi secara tunggal atau berpasangan pada awal musim semi sebelum daun.

Buah aprikot adalah buah berbiji mirip dengan persik kecil, diameter 1,5-2,5 cm (lebih besar dalam beberapa kultivar modern), dari kuning ke oranye, sering diwarnai merah di samping yang paling terkena sinar matahari, permukaannya biasanya pubescent.

Benih tunggal tertutup di shell berbatu keras, sering disebut sebagai “batu”, dengan kasar, tekstur yang halus kecuali untuk tiga pegunungan mengalir di satu sisi.


Aprikot direkomendasikan bagi mereka yang menderita anemia, ginjal lithiasis, lithiasis empedu, kekurangan vitamin A, wanita hamil, orang tua, atau remaja. Jus aprikot juga digunakan dalam kosmetik karena dapat memeriahkan kulit.

Aprikot sangat membantu dalam memerangi bakteri, infeksi, dan kanker. Aprikot juga dapat merekonstruksi jaringan yang rusak atau sakit, mempertahankan penglihatan yang baik, dan membangun struktur tulang yang kuat. Buah aprikot sering digunakan sebagai pencahar alami.

Inti adalah kaya akan vitamin B12. Vitamin aprikot ini penting karena menghancurkan sel-sel kanker, dan dapat mencegah perkembangan penyakit ini. Inti adalah kaya protein, asam lemak, dan memiliki minyak empat puluh lima persen. Ini minyak dari inti dianggap sebagai benefic sebagai minyak almond adalah untuk tubuh.

Berikut Manfaat buah Aprikot :
  • Menstimulasi ginjal
  • Mengurangi risiko infeksi saluran kemih
  • Memiliki efek sebagai pencahar ringan
Bagus untuk pencernaan
  • Mengandung zat besi yang tinggi
  • Efektif untuk masalah kulit, misalnya kulit terbakar dan eksim
  • Membantu pengaturan tekanan darah
  • Menjaga kestabilan kadar gula darah tetap normal.
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Membantu mencegah serangan jantung
Sumber: Xamherbal.com

0 Response to "Aprikot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...